Kamis, 24 Februari 2011

Faktor dan Pencegahan Serangan Jantung

Beberapa serangan jantung yang tiba-tiba dan sangat hebat yang mana tidak ada seorang pun menyangsikan apa yang terjadi. Namun, sebagian besar serangan jantung dimulai secara perlahan-lahan, dengan sakit ringan atau rasa ketidaknyamanan. Sering kali mereka yang terkena tidak yakin apa yang salah dan menunggu terlalu lama sebelum mencari dan mendapatkan bantuan. Berikut ini adalah tanda-tanda yang dapat berarti terjadinya serangan jantung:


Ketidaknyamanan pada dada (Chest discomfort)
Sebagian besar serangan jantung berhubungan dengan rasa tidak nyaman pada dada bagian tengah yang berlangsung lebih dari beberapa menit, atau rasa ketidaknyamanan pada dada yang hilang dan datang kembali. Dapat terasa seperti tekanan yang tidak nyaman, direas-remas, seperti penuh atau sakit.

Ketidaknyamanan pada daerah lain dari tubuh bagian atas.

Gejala-gejalanya antara lain rasa sakit atau ketidaknyamanan pada satu atau kedua lengan, punggung, leher, rahang atau perut.

Sesak napas dengan atau tanpa rasa sakit/ketidaknyamanan pada dada.

Tanda-tanda lain mungkin diantaranya keluar keringat dingin, mual atau sakit kepala/pusing/pening.

Seperti halnya pria, pada wanita gejala yang paling umum dari serangan jantung adalah nyeri atau ketidaknyamanan pada dada. Tetapi perempuan agak lebih mungkin daripada laki-laki untuk mengalami beberapa gejala umum lainnya, terutama sesak napas, mual / muntah, dan nyeri punggung atau rahang.
Pelajari dan kenali tanda- tandanya, tapi ingatlah hal berikut: Bahkan jika Anda tidak yakin itu adalah tanda dan gejala dari serangan jantung, sebaiknya harus anda periksakan ke dokter (menceritakannya kepada dokter tentang gejala-gejala yang anda alami). Tiap detik dan menit sangat berharga! Tindakan cepat dapat menyelamatkan nyawa - mungkin diri anda sendiri atau orang lain. Jangan menunggu lebih dari lima menit untuk untuk mendapatkan pertolongan oleh ahlinya. Beberapa rumah sakit biasanya menyediakan nomer telpon darurat untuk pertolongan segera, maka dari itu tidak salah untuk menyimpan nomer tersebut.
Apabila memungkinkan, pergilah ke rumah sakit dengan fasilitas perawatan untuk pasien serangan jantung. Pada pusat-pusat kesehatan tersebut, teknologi terkini untuk penanganan serangan jantung bisa tersedia selama 24 jam dala sehari. Seberapa baik anda bertahan dari serangan jantung tergantung pada seberapa cepat anda mendapat perawatan, serta seberapa besar kerusakan terjadi pada jantung anda, dan di mana kerusakan tersebut terjadi.

Faktor risiko serangan jantung
  • Merokok (baca tentang merokok dan kesehatan dan tip-tipsnya)
  • Diabetes
  • Usia - Risiko akan meningkat pada laki-laki dengan usia diatas 45 tahun dan pada wanita dengan usia lebih dari 55 tahun (atau setelah menopause). Sekitar 83% dari orang yang meninggal karena penyakit jantung berusia 65 tahun atau lebih.
  • Tingkat kolesterol yang tinggi tinggi
  • Tekanan darah tinggi
  • Riwayat keluarga dengan serangan jantung
  • Ras – ras atau suku dengan resiko lebih tinggi mengalami serangan jantung antara lain: Afrika-Amerika, Meksiko-Amerika, penduduk asli Amerika danHawaii asli.
  • Aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah)
  • Kurang olahraga
  • Stres (manajemen stress)
  • Obesitas
  • Sex (Jenis Kelamin/gender) – cenderung lebih banyak laki-laki yang yang beresiko terkena serangan jantung daripada wanita, meskipun penyakit jantung adalah penyebab utama kematian wanita di Amerika.
Bagaimana anda bisa menghindari serangan jantung?
Bicarakan dan konsultasikan dengan dokter anda tentang faktor-faktor risiko serangan jantung spesifik yang anda punya (lihat faktor resiko diatas) dan bagaimana mengurangi resiko cara enguranginya. Dokter anda mungkin meminta anda untuk melakukan hal berikut ini:
  • Berhenti merokok. Dokter dapat membantu anda membuat perencanaan dan program berhenti merokok. (Jika anda tidak merokok, jangan coba untuk memulainya!)
  • Kebiasaan Makan/diet yang sehat. Mengurangi makanan tinggi lemak jenuh dan natrium (garam) untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Sebuahdiet Mediterania juga merupakan pilihan yang sangat sehat. Tanyakan kepada dokter anda tentang cara untuk memperbaiki diet Anda.
  • Kontrol gula darah anda jika anda memiliki diabetes.
  • Olahraga. Mungkin terdengar sulit jika anda belum pernah atau sudah lama tidak berolahraga, tapi cobalah untuk melakukannya sampai dengan 30 - 60 menit olahraga aerobik (yang akan meningkatkan denyut jantung anda) 4 sampai 6 kali dala seminggu.
  • Turunkan berat badan jika berat badan anda berlebihan (overweight). Dokter dapat membantu memberi saran tentang cara yang paling baik untuk menurunkan berat badan.
  • Kontrol dan kendalikan tekanan darah anda jika anda memiliki hipertensi.
Bicarakan dan konsultasikan dengan dokter tentang: apakah aspirin dapat membantu mengurangi resiko anda dari serangan jantung. Aspirin dapat membantu menjaga dari pembentukan bekuan darah yang akhirnya dapat menghambat arteri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar